Rabu, 04 Januari 2012

LELAKI PEMALU, KUTU BUKU TAPI PUNYA SEGUDANG PRESTASI

oleh : Prof. Fauzul Iman


Sosok di majalah SiGMA edisi 37 kali ini adalah Dekan Ushuluddin Dan Dakwah (UShWah) IAIN Banten, yaitu Prof. Dr. H. Fauzul Iman, MA. Saat muda,Kemana pun dia pergi dia selalu membawa buku, ia juga sangat pemalu, apalagi pada perempuan, hal ini menjadi ciri khas dan kekaguman tersendiri bagi istrinya, yaitu Dra. Fatimah yang kini menjadi Badan Konsuling dan pengajar MAN 2 Serang.
Tidak hanya berdiskusi dengan mahasiswa, di rumah ia pun mengajak anak-anaknya berdiskusi, kadang-kadang beliau sengaja berbeda pemikiran dan pendapat dengan anaknya untuk mengeksplor sampai dimana pemikiran anaknya itu. Ia juga menularkan hobi baca dan menulis pada anak-anaknya, saat Risni kelas 6 pernah membuat dongeng karangan di hari Ulangtahun Darma Wanita ke-IV. Dongeng itu ternyata keluar menjadi juara pertama. Dalam menentukan acara rekreasi bersama, anak-anaknya pun lebih menyukai berekreasi ke tempat-tempat ilmiah atau natural seperti air terjun, kebun binatang, taman bunga daripada Dunia Fantasi atau hiburan lainnya.
Selain hobinya menulis karya ilmiah atau membaca buku, mantan Pembantu Dekan III bidang Kemahasiswaan (kemudian menjadi P.gs Pembantu Rektor III Bidang kemahasiswaan, saat peralihan status SAIN “SMHB” Serang, menjadi IAIN Banten) itu pun pernah menyabet beberapa penghargaan dalam bidang dakwah (pidato).
Prestasinya menurun pada anak-anaknya yaitu, Alfi Syahriani yang kini kuliah di Universitas Indonesia jurusan sastra Inggris.putri ke duanya ini, pernah beberapa kali memenangi lomba Pidato, terutama Pidato Bahasa Inggris. Satu hal yang paling membanggakan adalah, Piala Juara I Karya Tulis Ilmiah Perpustakaan Tingkat Provinsi dan Juara I tingkat Nasional yang dimenangi Alfi tahun 2006 lalu. “Tingkat Nasional, hadiahnya seperangkat computer Pentium 4 dan uang tunai 6 juta rupiah” ujar Ummi Fatimah.
Di usianya yang genap 49 tahun, lelaki berkacamata minus ini rutin olahraga tiap pagi dengan mengelilingi stadion. Berbeda dengan lelaki biasanya dia tidak merokok dan minum kopi. Meski kolesterolnya belum memasuki stadium tinggi, tapi ia menjauhi makanan-makanan berlemak . Sifat-sifat itu pun menurun pada anak lelakinya. Yang unik adalah, di setiap catatan sekolah, sebelum mencatat pelajaran, anaknya selalu menulis lafadz Bismillah, hal ini memang pesan Mamaknya agar ilmu yang dicari bermanfaat dan ingat bahwa mencari ilmu itu adalah ibadah, jadi niatnya pun harus lil’ibadah dengan mengucap nama Allah.

MEMPERTEMUKAN PEMIKIRAN TIMUR TENGAH DAN BANTEN LEWAT IRAN CORNER
Sebagai Dekan Fakultas USHWAH, beliau terbilang cukup berhasil. Iran Corner, sebuah perpustakaan full AC milik fakultasnya, adalah hasil kerjasamanya dengan ICC (Iran Corner Centre). Dengan dana sepenuhnya dari ICC, perpustakaan tersebut kini memiliki koleksi lebih dari 3000 judul buku ; pendidikan, sejarah, filsafat, umum, sastra dan budaya serta puluhan keping CD ilmiah yang bisa dinikmati lewat audio visual..
Ditemui di Iran Corner lelaki 3 anak ini mengatakan ia memilih bekerjasama dengan Iran karena Ushuluddin dan Dakwah secara akademik memang lebih banyak mempelajari filsafat dan tasawuf dari Iran. Jadi, tepat kiranya jika fakultas USHWAH menjalin kerjasama dengan Negara yang sangat kuat menjaga tradisi filsafat islamnya itu. “Banten sudah menjadi daerah kosmopolit, jadi harus terbuka dengan perkembangan luar. Kalau tidak, kita akan menjadi kerdil” tambahnya.
saat diminta tanggapan tentang fakultas lain, lelaki yang pernah diundang ke serawak Malaysia sebagai tamu kunjungan muhibbah dari rombongan IAIN ini, mengatakan bahwa Iran Corner hanya bagian kecil dari usaha untuk mengembangkan fakultas Uswah, “Saya yakin yang lain (fakultas tarbiyah, adab, Syariah dan Ekonomi Islam, red) akan lebih besar. Mereka lebih mampu dari kita.”

“Fakultas syari’ah dan Ekonomi Islam bisa saja mengembangkan fakultasnya dengan Negara perancis sedangkan fakultas tarbiyah dan adab dengan Negara inggris,” tembahnya. Akankah fakultas lain menyusul, bahkan melebihi?. Semoga saja iya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar